Selasa, 09 Agustus 2011

Lepaskan Duka dengan Sehat


RASA sedih dan duka adalah perasaan normal yang disebabkan stres seperti kematian orang yang dicintai, kehilangan pekerjaan, atau sakit. Perasaan itu juga tak bisa dihindari di bulan puasa ini.

Sayangnya, tak semua orang mampu mengekspresikan perasaan ini dengan cara yang sehat. Bila salah mengekspresikannya, dapat menyebabkan perilaku yang berbahaya. Maka itu, sangat penting untuk tahu bagaimana melepaskan emosi dengan cara yang sehat dan tepat.

1. Menangislah jika Anda tak tahan. Menangis bukan merupakan ekspresi kelemahan. Bahkan, beberapa peneliti menyatakan bahwa menangis melepaskan hormon tambahan di dalam tubuh yang membuat Anda merasa lebih baik.

2. Menulis tentang perasaan Anda. Bawa selalu buku catatan kecil. Setiap kali merasa sedih, ambil buku tersebut dan tulis saja apa yang Anda rasakan. Yang paling penting adalah Anda menulis dengan jujur.

3. Jika dibutuhkan, temui psikolog. Melalui terapi perilaku kognitif, mereka dapat membantu Anda mengarahkan pikiran yang mengatasi perasaan sedih.

4. Miliki kesehatan emosional yang positif dengan tetap terhubung dengan orang lain. Rencanakan kegiatan dengan teman dan anggota keluarga. Berbicaralah dengan teman dan beri tahu mereka tentang perasaan Anda.

5. Cari hobi positif dan menyenangkan supaya menyingkirkan rasa sakit dan frustrasi, seperti melukis, mematung, menggambar, atau menyanyi.

6. Anda bisa melepaskan hormon stres karena emosional dengan berolahraga secara teratur. Bonusnya, Anda akan menghasilkan endorfin yang menimbulkan perasaan bahagia.

(from: www.metrotvnews.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar